Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah

Pada pelajaran biologi ini akan kita bahas tentang Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah - Flora Indonesia dalam flora dunia secara keseluruhan termasuk formasi Indo Malaya yang tersebar di Indonesia, Kepulauan Filipina, Sailan, India, daratan Asia Tenggara, Afrika Tengah, dan Amerika Selatan, yaitu di Dataran Amazone. Flora Indonesia mempunyai kesamaan dengan flora Asia, Australia, dan ada juga flora asli Indonesia.

Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah
Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah


Flora Indonesia Tengah meliputi fauna di wilayah Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya. Flora dan fauna yang hidup atau terdapat di sebelah timur Selat Makassar hingga Palung Kei di Maluku merupakan tipe peralihan antara corak Asia dengan Australia.
Gambar : Peta Penyebaran Fauna di Indonesia 

Di Sulawesi dan pulau di sekitarnya terdapat jenis pohon eboni, kayu besi, kayu jati, pinus, banyan, kayu hitam, tumbuhan merambat (seperti rotan), dan beberapa jenis bunga anggrek. Tumbuhan yang dibudidayakan penduduk, misalnya markisa, jati, dan rotan. Hutan di Sulawesi termasuk daerah hutan hujan tropik.Keadaan hutan itu sudah banyak yang rusak akibat pertanian penduduk yang berpindahpindah.

Di Nusa Tenggara dan pulau di sekitarnya terdapat jenis pohon jati, pohon sandalwood, akasia, cendana, dan beberapa jenis bunga anggrek. Tumbuhan yang dibudidayakan penduduk, misalnya lada, sorgum, cokelat, cengkih, salak, dan jeruk bali.Di Maluku dan pulau sekitarnya terdapat sagu, meranti, gotasa, kayu besi, lenggua, jati, kayu putih, dan beberapa jenis anggrek. Walaupun merupakan kepulauan, di sini ada hutan yang cukup luas untuk diolah, misalnya di Pulau Yamdena dan Saparua. Flora yang dibudidayakan penduduk, misalnya sagu, gandaria, dan kayu putih.


Demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan sore ini tentang Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah, semoga bisa menambah wawasan ilmu biologi anda dan kalian semua menjadi semakin pintar.

0 Response to "Jenis Tumbuhan atau Flora Di Indonesia Bagian Tengah"

Posting Komentar